Tayammum

Cara Tayamum Di Pesawat

Pada materi kali ini kami ingin menyampaikan tentang cara bertayamum di pesawat. Kami yakin banyak diantara umat muslim/ calon jamaah haji yang sudah bisa bertayamum jadi kami tidak bermaksud menggurui tetapi barangkali kita lupa bagaimana cara tayamum itu maka ada baiknya kita mengingat kembali cara tayamum itu.
Islam memberikan solusi terbaik, tidak pernah menyulitkan umatnya. “yuriidullahu bikumul yusra wala yuriidu bikumul ‘usra”, Allah menghendaki kemudahan kepada kita dan tidak menghendaki kesulitan. Islam membolehkan kita bertayamum jika ketersediaan air tidak mencukupi untuk berwudlu. Ketersediaan air di pesawat sangatlah terbatas. Bisa dibayangkan jika dalam pesawat (450 orang) ingin berwudlu semua, airnya tentu tidak mencukupi ! disamping itu bisa membahayakan keselamatan penumpang pesawat jika air tersebut sampai menggenang di pesawat. Maka dari itu tayammum dipesawat sangatlah dianjurkan ketika kita mau menjalankan sholat lima waktu.
Perjalanan dari Tanah Air menuju Makkah atau Madinah membutuhkan waktu yang sangat lama sekitar 9 sampai 11 jam perjalanan. Sudah barang tentu kita akan melewati dua waktu sholat lima waktu. Penulis telah menunaikan ibadah haji diantaranya pernah menjalankan sholat di pesawat untuk sholat dhuhur dengan sholat ashar, pernah juga sholat magrib dengan sholat isyak. ( yang tidak pernah adalah tidak sholat??! hehehe…) Karena kita dalam safar (perjalanan) maka kita diperbolehkan menjamak dan mengqoshar sholat. Lain waktu kita bahas tersendiri sholat dalam pesawat ini. kali ini kita bahas tayamum dahulu. OK?
Berikut ini cara tayamum dalam pesawat:
1. Tepukkan kedua telapak tangan ke kursi pesawat atau dinding pesawat

2. Usapakan dua telapak tangan ke muka dengan sempurna mulai dari ujung rambut (jidat) sampai ke dagu dari daun telinga sebelah kanan hingga daun telingga sebelah kiri secara merata.

3. Tepukkan kembali kedua telapak tangan ke kursi pesawat atau dinding pesawat, usahakan ditempat lain yang belum tertepuk.

4. Telapak tangan kiri mengusap tangan kanan dari ujung jari sampai dengan siku secara merata.

5. Telapak tangan kanan mengusap tangan kiri mulai dari ujung jari sampai dengan siku secara merata.

Selesailah tayamum kita… maka kita boleh melaksanakan sholat… Mudahkan??

Ingin download klik Cara Tayamum Di Pesawat